Minggu, 05 April 2009

Sharing Korek Mesin Thunder 125


Sempat penasaran juga sih sama mesin thunder 125 yang udah dikorek, apalagi di boreup. Wah, gimana ya rasanya??
Supaya tahu, saya iseng-iseng chatting dan kebetulan saya menemukan bro yang udah ngorek mesin thunder 125 miliknya.
Wah kalau diliat sih udah korek abis tuh mesin. ngakunya sih thunder 125 nya bisa lari 180km/jam, gile bener, hampir nyamain kawasaki ninja 250 dong??

Ga pake lama, langsung aja saya tanya apa aja yang udah diubah. Ternyata emang lumayan banyak sih yang diudal-udal.
Pertama, mesinnya dijejali piston tiger, trus strokenya ditambah 0,6 mm. Kalo di itung kapasitas mesinnya jadi 156,3cc. Lumayan.
Kedua, klep sama per klep pake punya tiger. Saluran masuk dan buangnya di alusin, biasanya sih disebut porting & polish.
Ketiga, kop silinder dipapas 0,1mm. Bisa juga sih dengan cara lepas paking head, tapi resikonya gede bro.
Keempat, karbu standar di ganti pake punya NSR, keihin 28mm. pilot & main jetnya disesuaikan.
Kelima, pake knalpot free flow.
Keenam, gear ratio standard
ketutjuh, pakai pelek diameter 17 inch

Nah kalo semua diatas udah dilakuin, tinggal cari settingan udara aja.

Selanjutnya saya tanya tentang performa dan konsumsi bensinnya. menurut dia sih tergaantung cara bawanya. Kalau santai-santai aja sih bisa irit, tapi kalau udah ketemu sama tiger, megapro scorpio dan sebangsanya bisa 1 liter buat 25km, maklum, gaspol bro.. he..he..
Oh iya bensinnya harus pakai pertamax, kalau pakai premium ngelitik terus. Begitu katanya.Kalau Soal performa, pernah juga dibawa dari bandung sampai Surabaya. Tak ada masalah yang berarti. Berarti daya tahannya tak perlu diragukan lagi.

Usai sharing dengan bro yang berasal dari Bandung itu, saya baru sadar. Thunder 125 itu bukanlah motor yang kata orang adalah motor anak kecil. memang sih dilihat dari kapasitasnya cuma 125cc. Tapi dibalik semua itu, tersembunyi kekuatan yang besar. Sesuai dengan namanya, "thunder" yang berarti "petir".

Saya rasa cukup sampai disini dulu posting pada kesempatan kali ini.

Ingat, postingan saya ini bukan mengajarkan kepada anda menjadi setan jalanan yang seenaknya ugal-ugalan naik motor. Tetaplah menjadi pengendara yang baik dan patuh berlalulintas. Safety Riding First !!

6 komentar:

  1. wah pake pertamak y bikin kantong tambah jebol aj donk,

    BalasHapus
  2. maaf menyela dikit...
    tapi apa dengan speed 180kpj td gak buat motor melayang di jalanan ketika kita kendarai??? mengingat bobotnya cuma 122kg+berat org+berat tangki penuh??? ditambah lg dengan BBM yg kudu pertamax ya...?

    klau saya mending yang standart2 aja...
    hanya saja busi diganti, pakai knalpot freeflow dll lah...

    saya pengen pny temen share...
    FB:panjie_p@yahoo.co.id
    CP:087890791400 (sms dulu)

    tengkiu yah agan2....

    BalasHapus
  3. temen yang dari bandungnya daerah mna.??
    ane mnta no tlp agan,, biar bisa sharing..!!!

    BalasHapus
  4. Klo bwt touring ye bkin kantong jebol lach..

    BalasHapus
  5. Artikel bagus gan
    ni korekan thunder saya NGEBBUUT!!!!!!!!

    http://berita-motor-drag.blogspot.com/2014/06/korek-thunder-125-ngebut.html

    BalasHapus